Daging ayam bisa diolah dengan berbagai resep dan cita rasa lezat. Bagi para pecinta rasa manis, pengolahan menggunakan kecap adalah salah satu yang terbaik. Ayam cincang kecap diolah menggunakan bumbu pilihan menjadikannya sebagai menu keluarga favorit. Tak sedikit orang yang memanfaatkan kuliner top ini menjadi peluang usaha. Apalagi makanan yang terbuat dari daging ayam memang bermacam-macam.

Variasi olahan dari daging ayam cukup banyak. Jika Anda memilih cincang kecap, Anda bisa mendapatkan rasa sedap dan aroma yang menggugah selera. Bumbu rempahnya juga sangat pas jika dijadikan olahan tumis karena bumbunya meresap

Aneka Resep Ayam Cincang Kecap Terlezat

Untuk menikmati resep berkualitas ini, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan sederhananya seperti berikut.

1. Resep Ayam Cincang Kecap

ayam cincang kecap

Bahan dan Bumbu

Siapkan 100 gram ayam cincang dari paha atau bisa lebih. Siapkan 5 buah kacang panjang, potong menjadi ukuran 3 centimeter. Siapkan 2 siung bawang putih dan bawang merah dengan irisan halus. Siapkan 1 buah cabai merah besar dan potong 1 cm. Anda bisa menambahkan 1 buah cabai hijau besar dengan potongan 1 cm, 5 buah cabai rawit merah dan potong membelah. Tambahkan 2 sdm cabai rawit merah yang sudah dibelah, 2 sdm saos tiram dan 1 sdm kecp manis. Tambahkan garam secukupnya.

Siapkan bahan dan bumbu yang diperlukan selengkap mungkin untuk membuat ayam cincang kecap. Anda bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera jika dirasa kurang pedas. Apabila ada bumbu yang terlewat dikhawatirkan akan mempengaruhi cita rasanya.

Cara Membuat Ayam cincang kecap

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu. Anda bisa memasukkan daging ayam dan cabai dan aduk hingga rata hingga daging ayam bisa berubah warna. Jika bumbu sudah meresap dimana daging ayam berubah warna, tambahkan kecap manis dan juga saos tiram secukupnya sesuai selera Anda. Aduk hingga rata, beberapa saat tambahkan kacang panjang dalam tumisan. Tambahkan air secukupnya agar daging ayam bisa matang dengan sempurna. Pastikan tumisan tidak terlalu kering. Jika sudah matang atau airnya menyusut, tambahkan kemangi,  aduk dan angkat atau sajikan dalam mangkuk.

Daging ayam yang diolah menjadi ayam cincang kecap akan menambah nafsu makan si kecil. Anda bisa mengurangi intensitas rasa pedasnya. Apalagi ayam adalah salah satu sumber protein yang populer dimana manfaatnya untuk tubuh sangatlah bagus.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam daging ayam merupakan nutrisi dengan protein tinggi 18 gram dalam 100 gram daging. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah nutriis lainnya seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan beberapa vitamin. Ada vitamin C, vitamin D, vitamin B-12, vitamin A, vitamin K serta riboflavin.

Kalori yang ada pada daging ayam adalah 302 kalori. Dimana kalori ini memang bagus untuk menambah jumlah energi dalam tubuh seseorang. Sehingga tak heran kalaupun Anda menyukai ayam cincang kecap ini dan merasa kenyang itu karena kalori yang tinggi. Namun, akan sangat baik jika bisa memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Resep Ayam Cincang Kecap untuk Balita

cara membuat daging ayam cincang

Jika sebelumnya disebutkan tentang ayam cincang kecap yang bisa dikonsumsi selagi sarapan, Anda juga bisa membuat menu serupa untuk balita. Misalnya saja seperti menu ayam cincan teriyaki. Gunakan 1 sdm olive dan 1 sdt minyak wijen agar lebih terasa lezat dan sehat.

Tak ada perbedaan cara membuat yang menonjol. Hanya saja bahan yang digunakan bisa ditambahkan 1 sdt soy sauce atau menggunakan kecap asin. Jika Anda bisa meraciknya dengan bumbu yang pas, Anda bisa mendapatkan cita rasa lezat.

Daging ayam cincang yang dipadukan dengan beragam sayuran di dalamnya juga bisa menambah nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Misalkan saja seperti bubur jagung ayam cincang. Resep simple ini bisa dicoba karena memiliki cita rasa gurih lembut. Cocok untuk anak-anak yang sedang sakit dan hanya bisa makan bubur untuk proses pemulihan.

Membuat bubur jagung ayam cincang juga tak jauh berbeda caranya. Anda bisa menambahkan 1 buah jagung manis yang sudah diserut halus. Agar makin lengkap, tambahkan telur ayam kampung yang sudah direbus. Sajian bubur dengan ayam cincang kecap, jagung dan telur rebus merupakan kombinasi yang bagus.

Sebaiknya Anda memiih jagung yang tidak terlalu tua. Jika si kecil sedang sakit tenggorokan, Anda bisa memasak bubur hingga butiran berasnya menjadi lebih halus atau lumat. Apabila ingin menambahkan kuah, beri kuah kaldu ayam hangat. Beri topping telur orak-arik atau telur dadar yang diiris tipis.

Resep Ayam Cincang Kecap Buncis

Tumis Kacang Panjang dan Ayam Cincang

Ada banyak resep ayam cincang kecap yang bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Seperti tambahan buncis di dalamnya. Anda bisa mengiris serong, dengan bumbu dan bahan yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya. Perbedaannya, tambahkan larutan maizena untuk mengoreksi rasa, tumis ayam cincang dan buncis menjadi satu. Jika dirasa bumbu sudah meresap, sajikan selagi hangat.

Kreasi resep ayam cincang kecap ini cocok dihidangkan untuk makan malam bersama keluarga atau menu sarapan di pagi hari. Selain cara memasaknya yang mudah, rasa gurih dari bumbu yang ditumis juga makin menambah nafsu makan. Makan dengan nasi putih hangat dan beri cabai bubuk sesuai selera jika dirasa kurang pedas.

Resep  Tumis Ayam Cincang Kecap Kentang

Tumis Pakcoy Kecap Ayam Cincang

Membuat tumis kentang ayam cincang membutuhkan bahan dan bumbu yang tak jauh berbeda dengan beberapa resep lainnya yang sudah disebutkan. Anda bisa menggunakan bagian dada ayam tanpa tulang agar volume daging bisa lebih banyak.

Tambahan kentang yang sudah Anda potong dadu dan sudah digoreng bisa ditumis bersamaan dengan ayam cincang kecap dalam satu penggorengan. Banyak tidaknya kecap juga bisa Anda sesuaikan dengan selera. Tumis ayam cincang kecap dengan tambahan kentang bisa disajikan saat hangat dan dinikmati bersama keluarga.

Ada juga yang menamakan sebagai ayam cincang ceria. Daging ayam yang manis dengan baluran saus tiram, merica, garam dan kecap manis di dalamnya. Tambahkan perasan air jeruk nipis. Saat memasak. Ada rasa sedikit asam dan segar yang tercampur di dalamnya. Beri taburan wijen agar terlihat makin menarik.

Membuat olahan daging ayam cincang memang tidak membutuhkan waktu lama. Sebaiknya pilih dada ayam fillet dan sudah dicincang. Bila perlu Anda bisa menambahkan jamur jika suka. Semua bahan yang ditumis bisa membuat harum masakan. Ukuran garam, lada dan kaldu bubuk bisa sesuai dengan selera Anda.

Lengkapi koleksi resep ayam cincang kecap yang Anda miliki. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan agar cita rasa yang tercipta begitu sempurna dan tak ada yang kurang. Jangan lupa untuk memilih daging cincang berkualitas, kombinasikan dengan berbagai sayuran. Misalnya saja seperti kentang, buncis, kacang panjang, jagung serut dan lain sebagainya. Hidangkan selagi hangat dengan nasi. Baik untuk orang dewasa ataupun anak-anak, resep ayam cincang ini begitu disukai.