Situasi di tengah pandemi seperti sekarang ini memuntut kita untuk tetap berada di dalam rumah, melakukan aktivitas seperti memasak ayam cincang kecap dan mengurangi aktivitas kurang penting di luar ruangan. Mungkin ini membawa dampak baik dan buruk bagi beberapa orang. Masyarakat yang biasanya memanfaatkan waktu untuk berolahraga walaupun sekedar memutari kompleks menjadi memiliki rasa resah akibat virus yang masih mengancam kesehatan. Akibatnya, masyarakat menjadi kehilangan semangat untuk berolahraga.

Walaupun bisa melakukan workout di dalam rumah, kebanyakan orang lebih memilih diam dan melakukan hobi lain seperti memasak atau yang lainnya. Namun bagaimana caranya agar kita yang hobi memasak dan menikmati masakan tersebut ingin tubuhnya tetap ideal seperti yang diharapkan? Memasak masakan diet lah jawabannya. Namun banyak yang mengatakan kalau sedang diet hindari makanan berlemak dan usahakan untuk memakan sayur-sayuran. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, Anda bisa diet tanpa  harus menghindari apa yang Anda sukai.

Sebelumnya, ada beberapa tips untuk kalian ketika memilih daging ayam untuk membuay olahan masakan diet ini. Tips dari kirimayam seperti memilih bagian dada ayam untuk diolah, memasak dengan mengukus, merebus, ataupun memanggang (usahakan jangan digoreng dengan minyak), dan juga menyeimbangkan dengan buah dan sayur. Anda bisa menambahkan buah atau sayuran kedalam masakan tersebut. Lalu olahan seperti apasih yang cocok kalian yang memutuskan untuk diet?

Olahan Masakan Diet Dengan Daging Ayam Cincang Kecap

Berikut beberapa referensi olahan daging ayam yang cocok kalian konsumsi ketika sedang diet.

1. Dada Ayam Cincang Kecap Panggang

Dada Ayam Cincang Kecap Panggang

Nah, sebelumnya sudah diberi tau beberapa tips yang bisa digunakan ketika akan mengolah daging ayam untuk diet. Salah satunya memilih bagian ayam yaitu bagian dada. Dengan mengolah dada ayam dan dicampur dengan kecap itu bisa Anda jadikan referensi masakan diet. Dan tentunya ayam cincang kecap tidak dengan digoreng melainkan di panggang, karena teknik menggoreng yang membutuhkan minyak akan membuat program diet Anda sedikit terganggu. Jika tetap ingin menggunakan minyak, gunakan minyak rendah lemak seperti olive oil.

2. Sandwich Ayam

Sandwich Ayam

Menu yang cocok dihidangkan untuk breakfast ini bisa Anda kreasikan sebagai olahan masakan diet. Dengan menggunakan roti dan daging ayam lalu diberi beberapa tambahan sayuran, Anda bisa mendapatkan makanan diet dengan gizi yang tercukupi. Lalu bagaimana dengan rotinya? Bukankah kalau kita memakan roti itu akan membuat cepat lapar? Tenang saja, ada tips untuk memilih roti. Pilih roti dengan bahan dasar gandum, itu bisa membantu untuk bertahan lebih lama karena gandum dalam pengolahan dicerna oleh tubuh membutuhkan waktu lebih lama.

3. Salad Ayam

Salad Ayam

Eits, ternyata bukan hanya sayuran lho yang bisa dijadikan olahan salad. Daging ayam juga bisa ternyata, tapi bagaimana sih caranya? Masih sama seperti salad sayur, hanya saja ditambah dengan daging ayam yang sudah dipanggang dengan diberi garam dan lada. Dengan bahan dasar yang sama dengan salad sayur yaitu selada, tomat, dan mayonaise, Anda bisa mendapatkan makanan sehat dan baik untuk program diet Anda dengan menambahkan daging ayam sebagai pelengkap keinginan Anda tanpa takut membuat berat badan Anda cepat naik. Jika Anda ingin melengkapi kebutuhan karbohidrat dalam salad ayam ini, Anda bisa menambahkan kentang rebus sebagai gantinya.

4. Ayam Jahe Kukus

Ayam Jahe Kukus

Indonesia yang terkenal akan rempah-rempah yang sering dijadikan bahan untuk memasakpun bisa Anda jadikan campuran untuk mengolah makanan diet. Seperti contohnya adalah jahe. Jahe yang memiliki khasiat baik untuk daya tahan tubuh dan mencegah masuk angin ini bisa Anda kreasikan dengan ayam. Salah satunya membuat ayam jahe kukus yang satu ini. Dengan mengukus ayam bersamaan dengan bumbu kukus lalu setelah itu diberi tumis bawang putih dan jahe untuk sausnya, bisa menjadi menu masakan untuk Anda yang sedang diet. Selain bermanfaat untuk menjaga berat badan, masakan ini juga baik untuk kesehatan karena khasiat jahe yang beragam.

5. Tumis Ayam Sayuran

Tumis Ayam Sayuran

Masakan yang terlihat sederhana ini ternyata bisa dijadikan olahan masakan diet lho. Seperti salad ayam sebelumnya, masakan ini memanfaatkan sayuran sebagai penyeimbangnya. Namun, kali ini bukan diberi mayonnaise dan ayam yang telah dipanggang, melainkan dengan cara menumisnya bersama dengan sayuran. Mungkin ini sudah sering dilakukan oleh kebanyakan orang, Anda tidak perlu takut dan resah dengan minyak yang digunakan. Anda bisa menggantinya dengan olive oil, lagipula menumis hanya membutuhkan minyak yang sedikit dan hal itu tidak akan mengganggu program diet Anda. Tambahkan sedikit tepung maizena agar tekstur kuah yang tadinya cair bisa menjadi lebih kental dan menggugah selera.

6. Sup Ayam

Sup Ayam

Hidangan yang satu ini mungkin sudah sering dimasak dan disajikan oleh masyarakat luas. Masih dengan menggunakan sayuran, sup bisa membantu kamu memakan masakan dengan cara yang berbeda. Mengapa berbeda? Karena sebelumnya semuanya menggunakan teknik memasak menumis, memanggang, dan mengukus yang rata-rata hasilnya tidak berkuah, sup bisa memberikan hidangan berkuah untukmu ketika diet. Dengan memberikan daging ayam yang sudah direbus sebelumnya, Anda bisa mendapatkan cita rasa ayam yang kuat. Ditambah lagi dengan rebusan ayam yang akhirnya menjadi kaldu ayam, Anda bisa menambahkan sedikit kedalam masakan Anda untuk memperkuat cita rasa.

7. Pepes Ayam

Pepes Ayam

Masakan kali ini memiliki cita rasa rempah-rempah yang sangat kuat. Karena dalam proses pengolahannya menggunakan berbagai rempah-rempah. Bahkan alat untuk membungkus pada saat akan di kukus pun menggunakan bahan alami yaitu daun pisang. Anda bisa menambahkan serai, lengkuas, dan daun salam sebagai bahan pendukung agar rasa semakin enak saat dinikmati. Bisa juga tambahkan kemangi yang memiliki aroma dan rasa yang begitu kuat. Aroma yang diberikan dari daun kemangi bisa membuat pepes ayam Anda menjadi lebih menarik. Setelah matang, Anda bisa memakannya dengan nasi beras merah untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.

8. Ayam Panggang Bumbu Lemon

Ayam Panggang Bumbu Lemon

Jika Anda sedang menginginkan hidangan yang sedikit asam, Anda bisa mencoba untuk membuat masakan yang satu ini. Dengan memanggang ayam dan diberi perasan jeruk lemon, Anda bisa mendapatkan masakan dengan rasa yang sesuai dengan keinginan Anda tanpa harus takut dengan lemak yang terbayangkan. Karena pada dasarnya, teknik memanggang itu lebih baik daripada menggoreng karena minyak yang dipakai dan dihasilkan tidak sebanyak ketika kita memasak dengan cara digoreng.

Sebenarnya masih banyak olahan masakan yang bisa Anda buat ketika Anda memutuskan untuk diet. Anda juga bisa mengkreasikan apa yang Anda inginkan, tetapi dengan mempertimbangkan masalah lemak dan gizi yang terkandung didalamnya agar program diet Anda tetap berhasil. Dalam olahan daging ayam ini, memilih bagian dada adalah pilihan yang sangat tepat. Mengapa demikian? Karena bagian dada ayam mengandung lemak, kalori, dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan bagian ayam yang lainnya. Oleh karena itu, bagian dada ayam cocok untuk Anda pilih ketika akan membuat masakan diet. Diet bukan berarti menghentikan semua yang Anda sukai, Anda bisa mencari jalan keluar dengan kreativitas yang Anda miliki tanpa harus mengganggu apa yang sedang Anda jalani.