Indonesia menjadi salah satu pemasok daging ayam yang besar di dunia, ini didukung dengan bertambahnya lahan-lahan peternakan ayam dan angka permintaan warga Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Tak heran harga jual daging ayam dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Pertumbuhan produksi daging ayam di Indonesia juga makin meningkat 6.5% tiap tahunnya. Dilansir dari data Direktorat Jendral Kementrian Pertanian Indonesia jika kembali ke 2016 silam produksi ayam broiler mencapai 1.689.584 ton produksi, ini jauh lebih besar dibandingkan dengan produksi sebelumnya yakni 1.628.307 ton ayam broiler.

Apalagi jika di lihat di Indonesia sendiri semakin hari semakin banyak restaurant baru yang bermunculan, dan pastinya membutuhkan stok daging ayam sebagai bahan utamanya. Terutama juga untuk masakan sanak keluarga, pastinya akan memilih daging ayam yang segar untuk di santap bersama.

Namun pada beberapa lokasi pasar banyak pedagang ayam yang berlaku curang dengan menjual beberapa ayam yang sudah tidak segar di campur dengan ayam segar lainnya ini dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dari hasil penjualan ayamnya. Maka pada pembahasan kali kami akan membagikan tips-tips memilih dan membedakan daging ayam yang masih segar dan sudah tidak segar berikut ini.

Tips memilih dan membedakan daging ayam yang masih segar

 1. Harga Jual Daging Ayam murah? Perhatikan Fisik Ayamnya

Jual Daging Ayam murah

Kebanyakan orang akan tertipu dengan harga jual daging ayam yang murah. Namun jika diperhatikan lagi ciri fisik dari daging ayam yang tidak segar akan jelas berbeda dengan yang tidak segar. Contohnya : jika diperhatikan dari warna dagingnya ayam yang segar berwarna putih pucat aromanya normal, elastis ketika ditekuk dagingnya dan bekas sembelihan di leher ayam terbuka lebar.

Sedangkan ayam yang sudah tidak segar lagi biasanya akan berwarna kebiru-biruan pucat baunya amis, kelihatan tidak segar, permukaan kulit terasa kasar, ketika ditekuk terasa kaku, dan sembelihan di lehernya tampak terlihat sempit. Tanda tanda seperti ini bisa jadi ayam tersebut sudah tidak segar lagi. Alangkah baiknya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan setelah di konsumsi lebih baik mencari tempat atau lokasi penjualan ayam yang lainnya.

2. Harga Jual Daging Ayam Terjangkau

Jual Daging Ayam Terjangkau

Kebanyakan pedagang pedagang ayam potong akan jual daging ayamnya di pasar tradisional. Sebagian dari mereka pasti akan membanting harga lebih murah dari saingannya agar cepat di lirik oleh pengunjung. Namun anda sebagai pengunjung dan pembeli daging ayam di pasar tradisional perlu berhati-hati dengan tawaran harga yang relatif murah dari harga standar pasar. Selain memperhatikan ciri fisik ayamnya anda juga dituntut harus memperhatikan kebersihan tempat penjualan ayam tersebut, seperti jauh dari tempat pembuangan sampah, selokan, sumber air bersih, dan lainnya.

Mengapa begitu ? karena kualitas dan kebersihan dari daging ayam potong yang akan anda konsumsi juga akan kena imbasnya dari lingkungan yang kotor. Daging ayam cenderung cepat busuk ketika banyak bakteri dan virus yang hinggap did aging ayam. Olehnya pilihlah tempat atau lokasi yang cukup bersih dari lingkungan kotor, contohnya supermarket, pasar modern, dan beberapa tempat pemotongan ayam yang bersih. Untuk anda yang khawatir akan kebersihan dari daging ayam, tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada kirimayam.id supplier ayam nomor 1 di Indoneisa.

Disini anda bisa mendapatkan daging ayam potong segar langsung dan halal siap dikirim ke tempat anda! Beberapa sertifikat dari kirimayam.id diantaranya adalah : Sertifikasi Halal, Sertifikasi BPOM, Sertifikasi NKV, dan Sertifikasi Uji Lab non Mikroba-ecoli.

3. Harga Jual Daging Ayam Murah? Perhatikan Lalat Kecil Yang hinggap di Daging Ayam

Jual Daging Ayam Murah

Lalat merupakan hewan kecil yang mungkin dibenci beberapa orang karena sering hinggap di tempat tempat yang cenderung jauh dari kata bersih. Pada segi penglihatan memang ini adalah hal kecil bagi sebagian orang namun berperan sangat penting apalagi ketika menentukan ayam tersebut tidak mengandung formalin atau bahan bahan kimia lainnya. Lalat sendiri akan hinggap ditempat yang dia sukai seperti daging mentah untuk menyebarkan bakteri dan virusnya, namun lalat tidak akan hinggap pada daging mentah yang sudah diberi bahan bahan kimia berbahaya. Olehnya anda perlu memperhatikan keberadaan lalat di sekitar penjualan daging ayam baik itu dipasar tradisional maupun modern sebagai indikator kualitas dari daging ayamnya

4. Harga Jual Daging Ayam Murah? Mungkin Sudah lama di Simpan Di Lemari Es

Jual Daging Ayam Murah

Daging ayam merupakan daging yang terbilang cukup cepat basi, maka dari itu banyak penjual daging ayam mengawetkan dagangannya dengan cara membekukan/frozen. Memang carai ini merupakan cara yang manjur untuk mengawetkan ayam dalam beberapa waktu namun jika kondisi ayam yang diawetkan sudah lebih dari 3 bulan bahkan sampai dengan 6 bulan anda patut mencurigainya apalagi sudah dijual dengan harga yang murah.

Ketika daging ayam dibekukan dalam waktu melebihi batasnya akan menyebabkan sel sel pada daging ayam mulai rapuh dan rusak sehingga kelezatan daging ayam sudah tidak seenak yang segar. Hal ini bisa anda coba dengan mengetes menekan daging ayam, jika lentur dan tidak elastic maka ayam tersebut sudah disimpan dalam waktu yang lama dalam freezer. Makanan yang terus di awetkan juga tidak begitu baik bagi kesehatan tubuh kita.

Ketika membeli daging ayam di pasaran pastikan anda memperhatikan dengan benar kualitas dari daging ayam yang akan anda beli. Karena beberapa oknum mungkin akan tiba-tiba membanting harga daging ayamnya dengan murah karena kualitas daging yang sudah mulai menurun atau daging yang sudah disimpan dalam jangka waktu lama.

Anda juga dituntut agar teliti dalam menghitung harga beli daging ayam yang sesuai dengan kondisi pasar. Harga yang sesuai dengan kondisi pasar daging ayam sekarang bisa anda check di Kementrian Pertanian Indonesia atau dengan survey harga di beberapa pedagang di pasar terlebih dahulu.

Ketelitian dalam melihat kualitas ayam sangat penting karena merupakan konsumsi yang akan masuk kedalam tubuh. Sedikit saja kesalahan seperti tertarik dengan ayam murah tanpa memperhatikan terlebih dahulu maka akan mengancam kesehatan anda dan keluarga tercinta.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pilihan membeli daging ayam di supermarket bisa jadi salah satu pilihan anda karena proses pembersihan dan sumber ayamnya pun juga bisa dijamin walaupun harga yang terpaut cukup mahal.

Nah untuk anda yang menginginkan daging ayam segar dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sudah hadir di Indonesia sebuah platform online “Kirimayam.id” sudah bersertifikasi halal, sertifikasi BPOM, sertifikasi NKV, dan sertifikasi Uji Lab non Mikroba-ecoli. Tinggal klik  order dan setelah itu daging ayam segar akan sampai ke tangan anda siap untuk dikonsumsi bersama keluarga tercinta.