Kondisi ekonomi dari masing-masing negara di seluruh dunia itu berbeda-beda. Di beberapa negara, melakukan bisnis daging ayam potong segar banyak mendatangkan keuntungan yang membuat beberapa wirausahawan lain menjadi terinspirasi untuk melakukannya juga.

Prospek yang diberikan dari daging ayam potong segar ini ternyata sangat menjanjikan dan hanya membutuhkan modal yang kecil, membuat semakin banyak orang mulai berani untuk mencoba berbisnis.

Di setiap rumah makan yang ada juga akan menyediakan menu dengan bahan dasar daging ayam, sehingga kebutuhan akan daging ayam yang terus-menerus terjadi dan minat masyarakat yang begitu besar membuat beberapa ahli masak gencar mencari inovasi masakan baru untuk disediakan sebagai menu khas dari restauran yang mereka miliki.

Ternyata tidak hanya warga negara Indonesia saja yang menyukai daging ayam potong segar. Peminat akan daging ayam yang banyak disukai dari seluruh penjuru dunia ini membuat munculnya inovasi masakan berbahan dasar daging ayam. Termasuk masakan western. Memang kebanyakan masakan barat terbuat dari daging sapi, tetapi ternyata seiring berjalannya waktu, inovasi masakan dengan peluang kekayaan rempah-rempah yang berbeda dari negara satu dengan negara lain yang membuat ciri khas tersendiri dari masakan tersebut.

Olahan Daging Ayam Potong Segar Untuk Masakan Barat

Lalu olahan daging ayam apa saja sih yang termasuk kedalam makanan western? Berikut beberapa contohnya

1. Daging Ayam Potong Chicken Saltimbocca

Chicken Saltimbocca

Tidak hanya terkenal dengan makanan pizza, negara yang terkenal dengan Menara Pisa nya ini ternyata memiliki masakan dengan bahan dasar daging ayam juga lho.

Makanan yang disusun dengan cara khusus ini ternyata memiliki rasa yang unik juga. Daging ayam yang terdapat pada masakan ini dipadukan dengan prosciutto.

Apa itu prosciutto? Prosciutto adalah sebutan untuk daging babi dalam bahasa Italia. Iya, masakan chicken saltimbocca ini terbuat dari perpaduan daging ayam dan daging babi yang diberi sedikit bumbu. Tak lupa dengan keju mozzarella dan bayan yang digunakan sebagai pelengkap diatasnya. Ketika Anda mencicipi masakan ini, Anda bisa merasakan kelembutan dan kelezatan yang tercipta.

2. Daging Ayam Potong Chicken Schnitzel

Chicken Schnitzel

Mungkin untuk masakan yang satu ini agak sulit diucapkan oleh beberapa orang. Schnitzel sendiri memiliki arti potongan daging dan biasanya terbuat dari daging sapi, tetapi untuk yang kita bahas kali ini adalah schnitzel yang terbuat dari daging ayam.

Masakan yang berasal dari negara Austia ini juga terbuat dari daging ayam fillet yang digoreng renyah. Tidak hanya itu, chicken schnitzel ini juga bisa dinikmati bersama irisan sayuran bahan dasar salad atau juga dengan saus salsa yang bisa menambah cita rasa pada masakan.

Bisa juga disandingkan dengan kentang goreng untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda.

3. Coq Au Vin

Coq Au Vin

Untuk kaum muslim, masakan yang satu ini disarankan untuk tidak dicoba. Mengapa demikian? Karena masakan yang berasal dari negara yang terkenal akan Menara Eiffel nya ini dimasak dengan menggunakan wine, yang dalam ajaran Islam tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsinya.

Mungkin jika Anda ingin tetap membuatnya, Anda bisa menggantinya dengan kreativitas Anda dengan tetap memperhatikan larangan agama masing-masing. Dalam memasak Coq Au Vin ini, bagian ayam yang digunakan adalah bagian kaki dan dipadukan dengan jamur yang ikut dimasak bersama bumbu yang mayoritas terbuat dari rempah-rempah.

Masakan ini memiliki rasa yang khas karena faktor rempah-rempah yang diberikan dan juga wine yang ikut dimasak sehingga meresap kedalam daging tersebut.

4. Chicken Steak With Rosemary Sauce

Chicken Steak With Rosemary Sauce

Steak yang biasanya diolah dengan bahan dasar daging sapi, ternyata bisa juga lho di kreasikan dengan menggunakan daging ayam.

Masakan Eropa yang satu ini adalah contohnya. Steak yang biasanya dipadukan dengan saus dan perkedel kentang, kali ini disajikan dengan cara yang berbeda.

Chicken steak yang satu ini dipadukan dengan saus rosemary yang membuat cita rasa tersendiri di lidah penikmatnya. Dan juga cara pengolahan yang sederhanapun membuat banyak orang semakin senang dan bisa membuatnya sendiri di rumah.

5. Pitepalt

Pitepalt

Bagi masyarakat Indonesia, mungkin ketika melihat bentuk dari makanan yang satu ini akan langsung teringat dengan masakan khas Indonesia yaitu bakso.

Ya, masakan pitepalt yang terbuat dari kentang yang dihaluskan dan ditambah dengan tepung gandum lalu dibentuk bulat, ini akan membuat masakan terlihat seperti bakso. Bagaimana dengan ayamnya?

Pada masakan khas Ukraina ini, daging ayam digunakan sebagai isian dari masakan. Sebelum dibentuk bulat, daging ayam dimasukkan terlebih dahulu sebagai isian baru membulatnya menjadi satu kesatuan.

6. Piri-Piri Grilled Chicken

Piri-Piri Grilled Chicken

Masakan yang berasal dari negara Portugis ini memiliki cita rasa tersendiri yang diciptakan dari bumbu yang digunakan. Daging ayam ini dimasak dengan beberapa bumbu yang memiliki ciri khas masing-masing dan dijadikan menjadi satu seperti oregano, lemon, dan red wine vinegar sehingga membuat cita rasa khusus yang dirasakan oleh lidah penikmatnya.

Dalam memasaknya, digunakan olive oil untuk menambah rasa tertentu dalam masakan itu. Masakan ini juga bisa dipadukan dengan kentang yang diberi bumbu lalu digoreng untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh Anda.

7. Chicken & Mushroom Curry Crepes

Chicken & Mushroom Curry Crepes

Untuk yang kali ini adalah masakan yang tercipta dari inovasi ahli masak. Memperpadukan crepes dengan kari ayam dan jamur, membuat makanan ini sekilas terlihat seperti kebab yang berasal dari Turki. Namun, ternyata cita rasa yang diciptakan ternyata sangatlah berbeda dengan kebab Turki. Chicken & mushroom curry crepes ini memiliki ciri khas tersendiri dari rempah yang digunakan untuk membuat karinya.

Dan dipadukan dengan crepes yang bisa menggantikan kentang sebagai karbohidratnya.

8. Moje Rojo

Moje Rojo

Yang terakhir adalah Moje Rojo. Makanan yang dalam penyajiannya terselimuti oleh kuah yang kental membuat makanan ini memiliki ciri bentuk yang khusus bagi orang yang melihatnya. Masakan ala Meksiko ini dibuat dari daging ayam yang diolah dengan sayuran dan bumbu rempah-rempah tersendiri lalu disiram dengan kuah yang kental nan creamy yang menambah cita rasa pada makanan.

 

Diatas kuah kental yang disiramkan pada ayam tadi, bisa juga ditambah wijen untuk pelengkap. Moje Rojo ini bisa dinikmati bersama dengan nasi atau kentang sesuai selera.

Bagaimana? Apakah beberapa contoh masakan tadi bisa mewakili olahan daging ayam yang dijadikan masakan ala western itu? Sebenarnya masih banyak lagi masakan yang bisa diciptakan dengan bahan dasar daging ayam. Kita juga bisa menciptakan masakan ala western berdasarkan kreativitas dan inovasi kita sendiri. Sesuai dengan apa yang kita inginkan dan juga melatih membuat jenis masakan baru yang kemungkinan bisa dikembangkan di masyarakat. Karena pada dasarnya adalah semua masakan pertama kali dibuat karena percobaan. Maka jangan takut untuk mencoba dan berkreasi semaksimal mungkin.

Ada beberapa makanan yang menjadi larangan untuk beberapa orang, seperti contohnya tadi makanan yang dimasak dengan menggunakan wine. Umat Islam tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi wine, jadi berhati-hatilah ketika akan memilih makanan. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, Anda bisa mengubah bahan yang dilarang tersebut dengan apapun sesuai dengan kreativitas Anda.

Anda juga bisa mendapatkan daging ayam potong segar di rumah kirimayam.id. Namun, pastikan rumah potong itu sudah tersertifikasi MUI, NKV, mikroba, dan juga BPOM ya.